Peran Zeolite di Bidang Pertanian

 


Zeolite merupakan mineral silikat yang saat ini banyak digunakan di bidang pertanian karena sifatnya yang unik. Berstruktur kristal dengan pori-pori yang sangat kecil, zeolite dapat menyerap dan melepas molekul air dan ion dalam larutan. Beberapa sifat yang dimiliki zeolite seperti dehidrator, katalisator dan separator membuatnya sangat berguna jika dilibatkan pada proses penanaman. 

Berikut beberapa manfaat zeolite di bidang pertanian: 

Sebagai Pembenah Tanah 

Penggunaan zeolite pada tanah berfungsi untuk memperbaiki sifat-sifat tanah yang rusak. Tanah pada umumnya memiliki kapasitas tukar kation (KTK) yang sangat rendah. Dengan pemberian zeolite sekitar 10-20 ton/ha, KTK tanah akan mengalami peningkatan dan dapat mempertahankan dalam jangka waktu yang panjang 

Sebagai Campuran Pupuk 

Penggunaan zeolite pada pupuk berfungsi untuk meningkatkan mutu pupuk dan mengurangi bau pupuk. Contoh yang biasa kita temui adalah pencampuran zeolite dengan pupuk urea dengan perbandingan 1:1. Selain itu, zeolite juga dapat dicampur dengan pupuk kompos sebanyak 10-30% dari bahan kompos. 

Sebagai Slow Release Fertilizer 

Penggunaan zeolite sebagai pelapis pupuk urea berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman, khususnya sawit. Zeolite akan mengikat amonium yang dilepaskan pupuk urea pada saat penguraian. Hal tersebut membuat proses perubahan amonium menjadi nitrat semakin lambat. 

Meningkatkan Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit 

Penggunaan zeolite pada bibit kelapa sawit mampu meningkatkan pertumbuhan kelapa sawit dengan baik. Mulai dari perluasan diameter batang, luas baun, bobot basah tajuk, bobot kering akar, dan bobot kering tajuk. Adapun cara pengaplikasiannya adalah pencampuran 30 gram/polybag tandan kosong dengan 5 gram/polybag zeolite. (Admin)

Sumber: 
  1. Asra, G., Simanungkalit, T., & Rahmawati, N. (2015). Respons Pemberian Kompos Tandan Kosong Kelapa Sawit dan Zeolit Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit di Pre Nursery. Jurnal Online Agroekoteknologi, 3(1), 416–426. 
  2. Kautsar, V., Hangger Gahara, M., & Aldymas, B. (2023). Respon bibit kelapa sawit terhadap aplikasi urea berlapis zeolit sebagai pupuk slow release nitrogen. Jurnal Pengelolaan Perkebunan (JPP), 4(1), 1–7. https://doi.org/10.54387/jpp.v4i1.32 
  3. Suwardi. (2009). Teknik aplikasi zeolit di bidang pertanian sebagai bahan pembenah tanah. Jurnal Zeolit Indonesia, 8(1), 33–39.

 Tag : "supplier zeolite, pabrik zeolite, tepung zeolite, zeolite powder, zeolite granular, indonesia zeolite, soil conditioner, pupuk, pembenah tanah, pasir kucing, zeolite tambak, zeolite pertanian, kapur zeolite, jual zeolit, kapur zeolit, zeolit sawit, zeolit pertanian, nano zeolite, manfaat zeolit, jual zeolite, sell zeolite, zeolite adalah, zeolit tambak, bentonite, harga zeolit, jual pupuk zeolit, manfaat zeolite, fungsi zeolite, kandungan zeolit, kandungan pupuk zeolite, zeolite pakan ayam, harga pupuk zeolit, harga zeolite terbaru, pasir zeolit, zeolite filter, media hidroponik, media tanam, hidroponik, zeolite butiran, zeolite kristal, zeolite alam, zeolite indonesia, zeolite cikembar, zeolite sukabumi, zeolite murah, pupuk zeolite murah, zeolite kontruksi, zeolite campuran beton, jual zeolite cikembar, harga zeolite cikembar terbaru, zeolite murah, pasir kucing zeolit, produsen zeolite, zeolite feed aditive, zeolite kebun sawit, zeolite untuk padi, zeolite pada sayuran, dosis pemakaian zeolite, supplier zeolit, suplay zeolit, manganese greensand, harga zeolite aktif, harga pasir aktif, zeolite water purifier, jual pasir aktif, harga zeolite fiter, MGS, Kapasitas Tukar Kation, High CEC "

Hubungi kami jika membutuhkan informasi harga terbaru, minimal order, fungsi dan manfaat dari produk kami :

  • Zeolite
  1. Zeolite powder (link produk)
  2. Zeolite granule (link produk)
  3. Zeolite chips (link produk)
PT KARUNIA JAYA RAKSA 
Produsen dan supplier

No comments:

Post a Comment